3 Cara Membuat Kentang Goreng yang Crispy dan Enak

  • Whatsapp
3-Cara-Membuat-Kentang-Goreng-yang-Crispy-dan-Enak
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Banyak cemilan yang bisa Anda makan sebagai teman menonton film atau saat mager. Dari ratusan cemilan yang ada, kentang goreng selalu menjadi favorit setiap orang. Pasalnya, makanan yang satu ini bisa memanjakan lidah sekaligus mengenyangkan perut. Oleh karena itu, pencinta ngemil wajib tahu cara membuat kentang goreng.

Resep Kentang Goreng Enak

Kentang goreng bisa diolah sedemikian rupa menjadi cemilan yang lezat. Untuk itu, simak tiga resep membuat kentang goreng yang enak di bawah ini.

1. Kentang Goreng Renyah

  • Bahan-bahan: 2 buah kentang ukuran besar, air es, air untuk merebus, 1 sendok makan terigu, garam, kunyit bubuk, dan minyak goreng secukupnya.
  • Cara membuat kentang goreng renyah: kupas dan potong-potong kentang seperti ukuran jari telunjuk. Jika sudah, Anda bisa memasukan kentang ke dalam air biasa agar warnanya tidak berubah.

Panaskan air sampai mendidih, lalu tambahkan ΒΌ sendok teh kunyit bubuk untuk memberikan warna yang lebih segar pada kentang. Setelah itu, rebus kentang selama kurang lebih 5 menit.

Selanjutnya, Anda bisa meniriskan kentang dan memasukannya ke dalam air es. Sediakan wadah cukup besar untuk mencampur terigu dan garam. Setelah itu, masukan kentang ke dalam wadah tersebut dan aduk kentang sampai merata dengan terigu. Jika sudah, diamkan selama beberapa menit agar bumbu dan terigunya lebih meresap.

Panaskan minyak pada wajan, lalu goreng kentang sampai warnanya kekuningan. Kemudian angkat dan tiriskan jika sudah matang dengan beralaskan kertas tisu. Kentang goreng crispy siap dihidangkan dengan saus cabai maupun saus tomat.

2. Kentang Goreng Tanpa Terigu

Untuk menambahkan rasa renyah pada kentang goreng, kebanyakan orang menambahkan tepung terigu atau maizena. Namun, ini bisa Anda modifikasi dengan hanya merendamnya di dalam air es atau air dingin. Kentang yang direndam lama di dalam air dingin akan memberikan tekstur yang lebih renyah.

Oleh karena itu, Anda bisa membuat sendiri kentang goreng renyah tanpa tepung dengan bahan dan cara pembuatan seperti di bawah ini.

  • Bahan-bahan: 100 gram, daging sapi beku (jika tidak ada, bisa diganti dengan minyak kanola atau palm shortening), 4 buah kentang, 2L air es, minyak goreng, dan garam secukupnya.
  • Cara membuat kentang goreng : pertama kupas dan potong kentang menjadi beberapa bagian, lalu masukan ke dalam air dingin. Diamkan kentang di dalam air es selama 1 jam.

Setelah itu, Anda bisa melehkan daging sapi beku atau minyak kanola, untuk selanjutnya tambahkan minyak goreng. Sambil menunggu daging atau minyak kanola, tiriskan kentang dari air rendaman. Jika minyak sudah panas, goreng kentang tersebut sampai warnanya kuning keemasan. Hidangkan kentang goreng dengan mayonaise atau saus sambal agar rasanya lebih sedap.

3. Kentang Goreng Ala KFC

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat kentang goreng ala KFC, simak bahan dan cara pembuatannya di bawah ini.

  1. Bahan-bahan: daging sapi beku, kentang, air, sirup jagung, kaldu sapi blok, dan garam secukupnya.
  2. Cara membuat: Masukan kentang yang sudah dipotong-potong pada campuran air dan sirup jagung. Diamkan selama 1 jam. Setelah itu, panaskan minyak goreng, dan masukan kentang tadi. Selanjutnya, simpan kentang di dalam lemari es kurang lebih selama 15 menit.

Panaskan minyak goreng lagi dan tambahkan daging sapi beku. Goreng kentang tadi sampai warnanya kuning keemasan. Taburkan garam dan merica agar rasanya lebih gurih.

Demikianlah tiga cara membuat kentang goreng yang crispy dan renyah. Anda juga bisa menambahkan margarin agar rasanya lebih gurih dan wanginya sedap. Selamat mencoba!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *