5 Cara Mudah Belajar Investasi Sejak Muda

5-Cara-Mudah-Belajar-Investasi-Sejak-Muda
Foto dari Canva

Investasi adalah contoh cara paling bijak dalam mengelola keuangan. Pendapatan yang Anda miliki tidak seharusnya hanya dihabiskan begitu saja karena proses untuk mengumpulkannya pun butuh kerja keras. Itulah mengapa anak muda saat ini sangat direkomendasikan untuk belajar investasi sejak dini. Semakin awal paham tentang investasi maka akan semakin mudah untuk mengelola finansial demi masa depan.

Belajar Tentang Investasi

Sebelum memulai investasi memang sangat penting untuk mendapatkan ilmunya terlebih dahulu. Anda harus memahami teknik investasi yang tepat dan instrumen apa yang bisa digunakan. Agar langkah belajar ini bisa efektif, berikut adalah 5 cara yang bisa Anda lakukan:

1. Cari Sumber yang Akurat

Saat Anda memutuskan untuk belajar tentang investasi maka Anda harus menemukan sumber yang akurat. Jangan mau sembarangan belajar dari sumber-sumber yang bahkan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Pilihlah sumber yang memang bisa dipercaya, mulai dari artikel di internet atau video-video dari Youtube.

Kini tak sulit untuk menemukan sumber informasi yang membahas tentang ilmu investasi. Hanya saja memang Anda harus sangat selektif menemukan sumber ilmu yang tepat. Pastikan juga bahwa media yang digunakan untuk belajar memang bisa Anda pahami dengan mudah sehingga proses belajar ini akan jadi lebih efektif.

2. Kenali Cara Kerja Investasi

Mulailah dulu dengan mengenali cara kerja dari investasi. Anda mungkin tertarik melakukan investasi karena ingin mendapatkan keuntungannya. Namun perlu dipahami bahwa investasi tidak semata-mata menghasilkan keuntungan. Anda juga tidak bisa menikmati keuntungan tersebut secara cepat begitu melakukan investasi.

Ada proses yang harus Anda lalui saat berinvestasi. Pelajari proses tersebut, kenali cara kerjanya, dan jadilah investor yang bijak dalam memilih langkah investasi sesuai dengan cara kerja tersebut. Dengan memahami cara kerja investasi maka Anda akan lebih paham langkah seperti apa yang memang harus diambil saat ingin mendapat return besar dari investasi.

3. Pahami Berbagai Instrumen Investasi

Selanjutnya silakan pahami berbagai jenis instrumen investasi. Ketika Anda belajar investasi maka Anda harus cari tahu apa saja jenis instrumen yang bisa membuat dana Anda bertumbuh. Ini merupakan sebuah ilmu penting yang harus dimiliki karena akan berpengaruh pada pilihan Anda dalam mengalokasikan dana.

Instrumen investasi pun sangat beragam dan semuanya memiliki risiko serta keuntungan yang berbeda-beda. Mulai dari investasi saham, Reksadana pasar uang, Reksadana pendapatan tetap, deposito, dan masih banyak lagi lainnya. Pahami secara detail semua instrumen investasi yang ada agar Anda tahu mana yang paling cocok dijadikan pilihan.

4. Tentukan Profil Risiko

Saat Anda mempelajari ilmu investasi, cobalah untuk segera menentukan profil risiko. Setiap orang punya profil risiko masing-masing dan inilah yang akan menentukan jenis instrumen terbaik yang bisa digunakan. Jika Anda punya profil risiko rendah maka Anda sebaiknya memilih instrumen investasi dengan risiko yang tergolong rendah begitu juga sebaliknya.

5. Tetapkan Tujuan Investasi

Penting sekali untuk menetapkan tujuan investasi sebelum Anda mengalokasikan dana. Apa tujuan yang ingin dicapai dari investasi tersebut? Misalnya, Anda ingin melakukan investasi untuk mempersiapkan dana pensiun. Maka Anda bisa mengambil jenis investasi yang memiliki jangka waktu panjang. Dengan begitu keuntungan yang didapat bisa dinikmati di masa tua saat Anda sudah pensiun.

Itulah tadi 5 cara efektif dalam belajar investasi. Kenali berbagai jenis cara investasi dan pilihlah mana yang terbaik sesuai kebutuhan juga kemampuan. P2P lending bisa jadi salah satu pilihan tepat apabila Anda merasa cocok. Asalkan Anda tahu cara kerjanya dan risiko apa yang ada pada jenis investasi tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.