5 Tips Cermat Memilih Sepatu Olahraga yang Nyaman

  • Whatsapp
5-Tips-Cermat-Memilih-Sepatu-Olahraga-yang-Nyaman

Olahraga merupakan aktivitas yang perlu Anda lakukan sehari-hari dalam rangka mewujudkan hidup sehat. Untuk memperoleh manfaat maksimal dari aktivitas olahraga, Anda harus menghindari cedera dengan menggunakan sepatu olahraga. Ada banyak jenis sepatu olahraga yang dapat Anda pilih sesuai dengan aktivitas olahraga yang Anda lakukan. Misalnya Anda melakukan olahraga bulutangkis, maka perlu menggunakan sepatu Yonex terbaru, khusus untuk pemain bulutangkis.

Cermat Memilih Sepatu Olahraga

Kesalahan dalam memilih sepatu olahraga terkadang menjadi penyebab cedera yang tidak sengaja dilakukan. Pada akhirnya Anda akan merasa kesakitan dan mengeluh dengan sepatu olahraga yang Anda pakai sehari-hari.

Meskipun cedera yang terjadi tidak terlalu berbahaya, seperti jari kaki lecet, rasa sakit pada betis, nyeri punggung, rasa sakit pada tendon, dan lainnya. Dalam hal ini Anda membutuhkan tips cermat memilih sepatu olahraga yang tepat dan nyaman yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Kunjungi Toko Khusus Sepatu Olahraga

Untuk membeli sepatu olahraga tentunya Anda harus mendatangi toko khusus yang menjual sepatu olahraga. Di toko tersebut Anda bisa bertanya mengenai sepatu apa yang cocok untuk Anda.

Dengan membeli sepatu yang tepat dan nyaman, potensi cedera besar ataupun kecil dapat terhindari. Bertanyalah dengan detail dan rinci mengenai sepatu yang tepat untuk Anda gunakan dalam aktivitas olahraga yang Anda aplikasikan sehari-hari.

2. Beli Sepatu dengan Ukuran Kaki Maksimal

Ketika Anda membeli sepatu olahraga sebaiknya saat ukuran kaki Anda dalam keadaan maksimal. Ukuran kaki yang maksimal itu ketika sore hari atau menjelang malam setelah menyelesaikan seluruh aktivitas.

Dalam waktu tersebut kaki Anda kembali pada posisi semula setelah sebelumnya digunakan berjalan dalam waktu yang cukup lama. Dengan membeli sepatu pada waktu yang tepat, setidaknya Anda tidak perlu sudah payah menukarkannya lagi jika sudah sampai di rumah.

3. Beli Sepatu yang Nyaman Saat Pertama Kali Mencoba

Ada anggapan bahwa sepatu akan semakin terasa nyaman ketika sudah berapa kali digunakan. Anggapan itu tidak benar sama sekali, karena Anda perlu membeli sepatu yang nyaman digunakan saat pertama kali mencobanya.

Misalnya saat Anda membeli sepatu Yonex terbaru untuk pertandingan bulutangkis, justru Anda memilih yang agak kecil karena akan melonggar seiring berjalannya waktu. Dalam hal ini, sebaiknya Anda memilih sepatu dengan ukuran yang pas saat pertama kali membelinya.

4. Gunakan Kaos Kaki saat Pertama Mencobanya

Mencoba sepatu olahraga sebaiknya menggunakan kaos kaki dan perlengkapan sepatu lainnya yang biasa Anda gunakan. Fungsi dari mengenakan kaos kaki ini agar Anda bisa membeli sepatu yang tepat yang tidak kekecilan atau kebesaran. Kemudian perlengkapan sepatu lainnya agar disesuaikan dengan jenis sepatu yang Anda minati tersebut. Pada intinya, semuanya harus disesuaikan dengan kebutuhan dalam keseharian Anda.

5. Pertimbangan Memilih Model Sepatu

Pada masa sekarang ini terdapat sepatu olahraga yang berfungsi ganda yang bisa digunakan juga untuk aktivitas lainnya. Dalam hal ini Anda memerlukan pertimbangan dalam memilih model sepatu yang keren agar cocok digunakan dalam berbagai acara. Akan tetapi, jika Anda sering melakukan aktivitas olahraga, seperti tiga kali dalam seminggu, sebaiknya membeli sepatu khusus olahraga.

Demikianlah tips cermat memilih sepatu olahraga yang nyaman dan tepat. Kenapa memilih sepatu olahraga saja harus detail dan rinci, karena untuk menghindari potensi terjadinya cedera. Apalagi jenis olahraga yang Anda lakukan adalah indoor, maka Anda memerlukan sepatu Yonex terbaru yang alasnya telah disesuaikan dengan kondisi lapangan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *