5 Tips Mengelola Uang Bulanan dengan Baik

  • Whatsapp
5-Tips-Mengelola-Uang-Bulanan-dengan-Baik
Foto dari Canva Pro

Keuangan bulanan bisa mengalami defisit saat Anda tidak pandai mengelola dengan baik. Memang pengelolaan keuangan yang bagus bisa dikatakan susah-susah gampang. Pasalnya, manusia acap mengutamakan gaya hidup dibandingkan pengeluaran jangka panjang seperti asuransi, investasi atau tabungan. Jika terjadi kejadian tidak mengenakkan, penjualan aset tidak akan terjadi kalau Anda punya asuransi. Anda wajib tahu cara klaim asuransi Prudential yang mudah dan praktis.

Mengatur keuangan bulanan

Buat Anda yang belum memiliki asuransi, sebaiknya segera mengajukan polis sesuai dengan kebutuhan hidup. Kalau Anda merasa gaji masih dibawah standar dan berat untuk membayar asuransi, sebaiknya simak cara mengatur keuangan bulanan agar bisa membayar biaya prioritas yaitu :

1. Membuat skala prioritas

Buat prosentase tertentu sesuai dengan kebutuhan Anda, ya! Misalnya Anda membagi keuangan dengan prinsip 60-20-20 atau 50-30-20 sesuai dengan keinginan. Alokasikan 50 sampai 60 persen gaji bulanan untuk biaya makan, bayar listrik, sewa rumah, dan kebutuhan vital lain.

Sedangkan prosentase gaji 20 persen untuk tabungan, investasi dan asuransi, sedangkan 20 persen lain untuk kebutuhan belanja atau hiburan. Setiap orang punya kebutuhan yang berbeda sehingga Anda wajib membuat skala prioritas.

2. Menyiapkan dana pensiun sejak muda

Apa yang akan terjadi saat Anda pensiun dan tidak bekerja lagi? Membayangkan dan merencanakan masa depan merupakan ikhtiar terbaik yang harus Anda lakukan. Kalau Anda belum menikah, maka sisihkan persentase gaji untuk tabungan lebih besar. Pasalnya, kebutuhan hidup seseorang yang telah menikah lebih kompleks dan tingkat kesulitan menabung lebih tinggi.

3. Memanfaatkan produk asuransi dengan baik

Cara klaim asuransi Prudential sangat mudah sebab Anda hanya perlu menggunakan black card untuk transaksi cashless. Tentu pembayaran klaim sistem reimburse bisa terjadi apabila Anda tengah menggunakan layanan rumah sakit di daerah terpencil atau belum menjadi rekan pihak asuransi.

Memiliki asuransi merupakan cara tepat untuk melindungi keuangan dan aset yang susah payah Anda simpan. Jangan sampai semua aset Anda terjual hanya untuk mengganti biaya rumah sakit atau kehilangan.

4. Bijak mengelola hutang

Jika Anda memiliki pinjaman untuk keperluan mendesak, maka bijaklah mengelola keuangan bulanan. Sebaiknya Anda membagi prosentase pembayaran hutang dengan optimal. Sebaiknya nilai angsuran dan bunga yang dibayarkan setiap bulan tidak lebih dari 20-30 persen total gaji Anda.

5. Menyimpan uang kecil

Terdengar sederhana, ya? Namun, kebiasaan menyimpan uang kecil tidak boleh Anda remehkan agar memiliki simpanan masa depan. Jangan biarkan uang receh berserakan karena Anda menganggap nilainya sangat kecil. Menabung recehan sedikit demi sedikit akan memberikan keuntungan tidak terduga dalam kurun waktu tertentu.

Yuk, terapkan tips mengelola keuangan bulanan Anda dengan maksimal! Jika Anda memiliki polis asuransi, ketahui cara klaim asuransi Prudential yang mudah dan bebas biaya tambahan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *