Agar Mesin Awet, Yuk Simak Tips Memilih Oli Untuk Motor Matic

  • Whatsapp
Agar-Mesin-Awet-Yuk-Simak-Tips-Memilih-Oli-Untuk-Motor-Matic
Foto dari Canva Pro

Oli sangat diperlukan untuk melumasi kinerja mesin kendaraan bermotor. Adanya cairan pelumas tersebut, berperan penting dalam mencegah terjadinya gesekan antar logam, di dalam mesin. Penggunaan oli yang berkualitas, tentu akan semakin membantu performa motor. Agar anda lebih paham, yuk simak tips memilih oli untuk motor matic berikut ini.

Tips Menentukan Oli Untuk Motor Matic

1. Gunakan Oli Dengan Kekentalan Yang Sesuai

Seperti yang diketahui, oli menjadi komponen yang harus ada dalam kendaraan bermotor. Pasalnya, tanpa cairan pelumas tersebut, mesin kendaraan bermotor tidak ada yang melindungi dari gesekan. Terjadinya gesekan pada mesin kendaraan bermotor secara terus menerus, tentu akan mengakibatkan performa kendaraan menjadi menurun.

Di pasaran, terdapat banyak merk cairan pelumas mesin motor yang dijual bebas. Namun, dari berbagai jenis oli, tidak semua cocok digunakan untuk motor matik. Umumnya, jenis cairan pelumas untuk matic berbeda dengan motor lainnya. Jika anda menggunakan motor matic, disarankan memakai oli API SL, karena memiliki kekentalan yang tepat

2. Menyesuaikan Kebutuhan Oli Dengan Rutinitas

Selain memperhatikan kekentalan cairan pelumas, tips memilih oli untuk motor matic lainnya adalah dengan menyesuaikan dengan rutinitas. Hal ini bisa dilihat dari performa sepeda motor selama digunakan. Apabila motor sering berhenti mendadak saat melalui lalu lintas padat, maka anda disarankan untuk menggunakan oli dengan kandungan zat aditif.

3. Memilih Oli Yang Berkualitas

Agar performa mesin kendaraan matic anda tetap terjaga dengan baik, maka anda harus menggunakan oli yang berkualitas. Untuk memilih oli dengan standar yang bagus, maka anda harus memastikan jika cairan pelumas yang anda gunakan mengantongi sertifikat API dan JASO. Sertifikat tersebut menunjukkan bahwa oli telah di cek kualitasnya oleh Negara Eropa dan Jepang.

Oli menjadi salah satu komponen penting yang harus ada dalam kendaraan bermotor. Tanpa adanya oli, mesin tidak ada yang melumasi, sehingga memungkinkan terjadinya gesekan yang dapat menurunkan performa motor matic. Namun, dalam pemilihan oli tidak bisa dilakukan sembarangan. Beberapa tips tersebut diharap bisa membantu anda dalam memilih oli yang tepat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *