Cara Alami Mengobati Asam Urat

  • Whatsapp
Cara-Alami-Mengobati-Asam-Urat
Foto dari Canva Photos Unlimited

Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena peradangan sendi yang tiba-tiba muncul. Faktor penyebab tingginya risiko asam urat adalah mengkonsumsi kadar purin yang tinggi, gangguan metabolisme, efek samping pengobatan jangka panjang dan pengaruh dari penyakit ginjal dan tiroid. Cara alami mengobati asam urat dipakai sebagai pelengkap obat asam urat yang diberikan dokter supaya rasa sakit karena asam urat tidak kambuh-kambuh.

Cara Alami Pengobatan Asam Urat Supaya Tidak Kambuh

1. Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat

Pola hidup yang tidak sehat seperti begadang, sering meminum alkohol, merokok, obesitas sampai jarang olahraga harus segara dirubah supaya penyakit asam urat tidak semakin parah. Rutin olahraga untuk menurunkan berat badan jika mengalami masalah obesitas, tidur tepat waktu dan konsumsi makanan yang tepat.

2. Minum bayak air putih

Minum air putih sedikitnya 8 liter setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh supaya tidak mudah dehidrasi. Air putih untuk menetralkan tumbuh baik dipakai untuk membuang asam urat yang berlebih. Perbanyak minum air putih untuk menghasilkan lebih banyak urine, maka asam urat akan ikut terbuang melalui urine.

3. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Konsumsi makanan sehat bagi penderita asam urat bisa menjadi cara alami mengobati asam urat karena ada beberapa makanan yang tidak sebaiknya dikonsumsi oleh penderita asam urat yaitu jeroan, hasil laut, daging mentah dan lainnya.

Sebagai gantinya konsumsi makanan yang sehat seperti sayuran dan buah yang banyak mengandung vitamin c, contohnya bayam, brokoli, jeruk, kiwi, mangga, jambu, semangka, nanas, pepaya, tomat, kentang, paprika dan kembang kol.

4. Jahe

Jahe adalah tanaman herbal yang dipakai sebagai bumbu masakan dan minuman yang banyak khasiatnya. Salah satu kegunaan dari jahe adalah bisa menjadi obat alami asam urat. Kandungan anti radang dapat mengurangi rasa nyeri karena pembengkakan sendi.

Cara membuat ramuan jahe untuk mengobati asam urat yaitu parut jahe, setelah halus campurkan satu sendok hasil parutan ke dalam air hangat kemudian gunakan untuk mengompres pada bagian yang sakit selama 15 sampai 30 menit. Selain itu jahe juga bisa dibuat minuman untuk dikonsumsi 2 gelas setiap harinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *