Cara Kerja Amartha sebagai Layanan Fintech Indonesia

Cara-Kerja-Amartha-sebagai-Layanan-Fintech-Indonesia
Foto dari Canva

Industri fintech Indonesia terus berkembang pesat. Tidak hanya e-commerce, bisnis digital yang juga mampu meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat. Financial Technology (Fintech) juga menjadi salah satu jenis digital bisnis yang tidak hanya berfokus pada mencari untung. Fintech seperti Amartha.com justru berkomitmen untuk bisa memperjuangkan kesejahteraan masyarakat terutama wanita.

Amartha.com yang merupakan sebuah bisnis online yang bergerak dalam bidang finansial ini berupaya mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan terutama perempuan yang menjalankan usaha mikro kecil dan menengah. Ini dilandaskan pada berbagai kendala yang dialami oleh masyarakat desa terutama perempuan untuk mendapatkan pendanaan modal UMKM.

Aplikasi investasi terbaik Fintech Amartha hadir sebagai penghubung antara pemilik modal dengan pelaku usaha. Dengan adanya Amartha, pelaku usaha bisa mengajukan pendanaan modal kepada pemilik modal dengan lebih cepat dan pastinya terjamin. Kini pemilik usaha Mikro Kecil dan Menengah tidak perlu takut mengalami penolakan modal karena kurangnya jaminan yang diberikan.

Bagaimana Cara Kerja Amartha sebagai Fintech Indonesia Terpercaya

Bagi Anda pemilik usaha dan sedang membutuhkan bantuan dana mungkin tertarik untuk bergabung bersama Amartha. Namun, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara kerja Amartha dalam memberikan modal pendanaan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Beginilah cara kerja Amartha sebagai investasi milenial terbaik beserta keunikan sistem yang ditawarkannya.

1. Melalui Perr-to-Peer Lending

Kegiatan pinjam meminjam uang untuk modal usaha saat ini tidak hanya bisa dilakukan secara online melalui bank saja. Di tengah modernisasi serta perkembangan teknologi, kegiatan pinjam meminjam modal kini juga bisa dilakukan secara online melalui sistem peer-to-peer lending ini. Tak perlu khawatir karena Amartha ini merupakan fintech terdaftar OJK sehingga keamanannya terjamin.

Di dalam platform Amrtha ini, baik pendana maupun pencari dana akan saling bertemu secara online. Platform pendanaan ini terutama akan membantu pendanaan bagi pelaku usaha Mikro Kecil dan Menengah di pelosok desa yang kesulitan mendapat akses pendanaan untuk modal usaha.

2. Pendanaan Diberikan Kepada Pengusaha Kecil dan Menengah

Program dan platform pinjam meminjam ini memang secara khusus dibuat untuk menjadi sarana penghubung untuk para pengusaha kecil dan menengah untuk mendapatkan bantuan pendanaan. Pengusaha mikro dan menengah yang diberikan bantuan pendanaan pun tidak semua. Amartha memberikan standar khusus kepada siapa dana yang diberikan oleh pemilik dana disalurkan.

Di Amartha, secara konsisten berupaya untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan. Karena itulah penerima dana modal dari Amartha ini hanya pelaku usaha kecil dan menengah yang memiliki kebutuhan modal usaha mulai dari 1.5 juta. Tidak hanya pelaku usaha mikro Kecil dan menengah, Amartha juga berupaya memprioritaskan pada pengusaha perempuan.

3. Seleksi Calon Penerima Melalui Pendekatan Machine Learning

Lalu, bagaimana pemilik modal memilih calon penerima dana? Para pengusaha atau calon penerima dana modal ini harus memasukkan profil dan pinjamannya untuk dipublish ke website Amartha. Dengan begitu para investor bisa membaca profile mereka. Inilah peran penting fintech Indonesia dalam membantu menumbuhkan ekonomi mikro di pedesaan.

Proses seleksi dilakukan dengan sistem algorithma skor kredit. Sistem ini digunakan untuk menilai seberapa layak calon penerima berdasarkan analisa dari usaha dan kepribadiannya. Dengan pemberian grade dari A hingga E bisa menunjukkan kemungkinan keberhasilan hingga kegagalan untuk membayarnya.

Memahami cara kerja Amartha sebagai salah satu fintech terbaik di Indonesia akan membantu Anda dalam mendapatkan solusi pendanaan dan permodalan untuk usaha mikro kecil dan menengah Anda. Amartha akan menjadi penghubung untuk Anda menemukan investor yang akan membantu mengembangkan usaha potensial yang Anda kembangkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.