Ingin Mencuci Lebih Praktis? Pakai Laundry Pods, Yuk!

Ingin-Mencuci-Lebih-Praktis?-Pakai-Laundry-Pods-Yuk
Foto dari Canva

Beberapa waktu lalu, jagad maya dihebohkan dengan berita laundry pods yang menjadi pengganti detergen. Popularitas laundry pods yang lebih efektif dan praktis dalam mencuci membuat banyak orang mulai tertarik pada produk inovatif ini. Anda yang belum mengetahui tentang laundry pods, sebaiknya ketahui tentang kelebihan produk dan cara menggunakan laundry pods yang benar.

5 Cara Menggunakan Laundry Pods yang Benar

Laundry pods adalah produk inovatif yang berisi ultra-concentrated deterjen, pelembut pakaian dan pembersih dalam bentuk plastik film polyvinyl kecil. Karena bentuk yang mungil tapi memiliki kemampuan membersihkan pakaian kotor, produk yang pertama dikenalkan di Amerika Serikat tahun 2012 ini menarik minat banyak orang.

Kini penggunaan deterjen biasa mulai berkurang dan beralih pada produk dengan kandungan kimia lebih rendah. Jika Anda bisa memakai produk pembersih pakaian yang efektif dan ramah lingkungan, kenapa tidak?

Supaya Anda bisa memakai laundry pods dengan benar, sebaiknya ketahui cara menggunakan laundry pods yang baik berikut :

1. Masukkan laundry pods

Anda harus memasukkan benda kecil yang bermanfaat ke dalam tabung mesin cuci langsung, bukan pada laci mesin cuci, ya! Namun, usahakan tangan Anda dalam kondisi bersih dan kering saat memasukkan laundry pods. Pasalnya, kondisi tangan yang basah akan membuat plastik pembungkus laundry pods larut dan isi di dalamnya tumpah lebih dulu.

2. Menyesuaikan kuantitas pakaian kotor

Laundry pods direkomendasikan untuk pencucian pakaian kotor memakai mesin cuci. Jadi, Anda juga harus menyesuaikan kuantitas pakaian kotor yang hendak dicuci sesuai dengan prosedur. Bila Anda mencuci pakaian kotor, maka gunakan satu buah saja, tetapi Anda yang ingin mencuci pakaian sesuai kapasitas standar mesin cuci, maka Anda bisa menggunakan tiga buah laundry pods.

3. Gunakan pengaturan suhu air hangat

Anda harus tahu bahwa laundry pods tidak akan larut dalam air dingin sehingga perlu menambahkan air hangat. Anda bisa mengatur pengaturan suhu air agar pencucian memakai inovasi produk deterjen bisa lebih optimal bila tinggal di daerah dengan suhu yang lebih dingin. Bila memakai mesin cuci satu tabung yang otomatis, atur pengaturan mesin cuci tanpa harus menambahkan air hangat, ya!

Selain itu, sebaiknya Anda memilah jenis pakaian yang hendak dicuci dengan laundry pods ini. Ada beberapa jenis pakaian yang tidak boleh dicuci dengan air hangat seperti bahan wol, sutra, satin, atau bahan lain yang bisa rusak. Jika terbuat dari bahan katun  atau bahan lain yang lebih aman dengan pencucian pakai air biasa, maka Anda tidak perlu ragu lagi.

4. Tinggal atur proses pencucian

Kini Anda bisa langsung mengatur mesin cuci untuk proses pencucian yang lebih praktis.  Tinggal tunggu proses pencucian sampai selesai dan Anda bisa memastikan hasilnya lebih bersih seperti pencucian metode biasa.

5. Bisa digunakan untuk proses pencucian manual

Meskipun laundry pods direkomendasikan untuk mesin cuci, tapi Anda juga bisa memakai bahan ini untuk proses pencucian manual. Tata cara penggunaan sama seperti proses pencucian biasanya, kecuali Anda menambahkan air hangat dan rendam pakaian selama 5-10 menit saja. Dijamin hasil cucian Anda bisa lebih harum dan segar serta ramah lingkungan.

Kini Anda sudah tahu cara menggunakan laundry pods yang benar, bukan? Harga produk inovatif memang lebih mahal, tetapi Anda membantu membuat lingkungan lebih sehat sebab kandungan bahan kimia pada laundry pods yang rendah. Proses mencuci yang lebih praktis dan efektif sangat mendukung Anda yang ingin mencuci baju lebih aman dan ramah lingkungan, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.