Kulkas Boros Listrik? Ini 5 Tips Mengatasinya

  • Whatsapp
Kulkas-Boros-Listrik-Ini-5-Tips-Mengatasinya

Kulkas menjadi salah satu perkakas rumah tangga yang sangat dibutuhkan. Selain bisa membuat makan dan minuman menjadi lebih awet, kulkas juga bisa membuat minuman menjadi lebih segar. Bayangkan saat kamu berada di bawah teriknya matahari, hal pertama yang ingin kamu lakukan, yaitu membuka kulkas mini dan segera meneguk segelas sirup dingin. Terbayang, kan, segarnya?

Saat memutuskan untuk memiliki kulkas, kamu harus siap untuk membayar tagihan listrik setiap bulannya. Kulkas umumnya membutuhkan daya listrik yang cukup besar, sehingga tidak jarang jika tagihan listrik sewaktu-waktu membengkak. Bagi kamu yang sedang merantau dan ngekost, tentu akan berpikir dua kali untuk memiliki kulkas. Pasalnya, kamu tidak akan siap dengan biaya tagihannya yang bisa saja sangat menguras dompet.

Jika terlanjur memiliki kulkas yang boros listrik, kamu tidak perlu khawatir. Di bawah ini merupakan beberap tips ampuh agar kamu bisa meminimalisir biaya tagihan listrik dari penggunaan kulkas. Berikut ulasannya.

1. Selalu menutup pintu kulkas dengan rapat

Menutup kulkas dengan rapat merupakan langkah awal agar tagihan listrik tidak membengkak. Selain tidak bisa membuat seisi kulkas menjadi dingin, pintu kulkas yang tidak tertutup rapat akan bekerja lebih ekstra, sehingga energy yang dibutuhkan pun lebih banyak.

Oleh karena itu, jangan malas untuk selalu menutup rapat pintu kulkas selepas mengambil makanna atau minuman. Jika tidak memperhatikan hal ini, dompetmu akan terkuras setiap bulannya.

2. Memberikan jarak antara dinding dengan kulkas

Saat meletakan kulkas mini, pastikan kamu memberikan jarak dengan benda-benda di sekitarnya. Kulkas yang menempel pada dinding atau berdempetan dengan benda-benda di sekitarnya akan mudah panas, sehingga kulkas akan bekerja lebih ekstra dan membutuhkan konsumsi listrik dalam jumlah ang cukup banyak. Oleh karena itu, pastikan kulkas memiliki  jarak yang cukup jauh dan tidak terlalu berdekatan dengan dinding dan barang lainnya.

3. Mengatur suhu kulkas seperlunya

Agar lebih menghemat listrik, kamu bisa mengatur suhu kulkas sesuai dengan kebutuhan. Meskipun begitu, pastikan kamu tidak mengatur suhu kulkas terlalu rendah karena hal tersebut akan menyebabkan pemborosan listrik, yang mana kulkas harus bekerja lebih keras. Hal ini tentu berlaku bagi kulkas jenis apapun, baik itu yang harganya murah maupun yang mahal.

4. Matikan kulkas pada saat-saat tertentu

Selain ke tiga tips di atas, kamu juga bisa mematikan kulkas di saat-saat tertentu. Saat kulkas tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, seperti ditinggal mudik, liburan, dan keperluan lainnya, sebaiknya matikan kulkas agar tagihan listrik tidak membengkak. Saat kulkas dimatikan, pastikan tidak ada makanan atau minuman di dalamnya agar kulkas tidak mengeluarkan aroma yang tidak sedap akibat terjadi pembusukan makanan.

5. Menghindari penyimpanan minuman atau makanan yang panas

Tips yang terkahir, yaitu tidak menyimpan makanan dan minuman dalam kondisi masih panas. Makanan dan minuman yang panas tentu akan mempengaruhi suhunya, sehingga kulkas akan bekerja lebih keras dari biasanya dan mengonsumsi daya listrik yang lumayan besar. Oleh karena itu, sebaiknya diamkan dahulu makanan dan minuman tersebut hingga dingin sebelum disimpan ke dalam kulkas.

Itulah lima tips agar kulkas lebih hemat listrik. Jika kamu membutuhkan kulkas dengan ukuran yang lebih kecil, kunjungi saja marketplace Blibli.com. Di Blibli.com, tersedia berbagai macam kulkas mini dengan harga yang bersahabat. Yuk, dapatkan barangnya sekarang juga, dan dapatkan penawaran menarik hanya di Blibli.com!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *