MENGENAL ISTILAH PITA LEBAR (BROADBAND) SERTA JENISNYA

  • Whatsapp
Mengenal-Istilah-Pita-lebar-Broanband-Serta-Jenisnya
Foto dari Canva Pro

Yang menggunakan internet dalam kesehariannya, pasti tidak asing dengan istilah broadband atau pita lebar, terdapat banyak layanan internet broadband di Indonesia salah satunya yaitu indihome . siapa disini yang tidak kenal salah satu provider terkenal ini.

Broadband sering juga disebut dengan internet berkeceptan tinggi sebab memang umumnya punya kecepatan aliran data yang tinggi. Biasanya, penggunanya mendapatkan kecepatan 256 Kbit/d [32 Kbyte/d] atau disebut dengan internet broadband.

International Telecommunication Union Sektor Standarisasi [ITU-T], rekomendasi I.113 mendefinisikan broadband sebagai kapasitas pengiriman yang lebih cepat dari kecepatan utama ISDN di 1.5 hingga 2 Mbit/d. Definisi FCC dari broadband sekitar 200 kbit/d pada satu arah dan jalur lebar canggih setidaknya 200 kbit/d pada dua arah. OECD mendefinisikan broadband sebagai 256 kbit/d pada setidaknya satu arah dan kecepatan tersebut yang paling banyak diterima di seluruh dunia.

Dalam praktiknya, jalur yang diiklankan tidak selalu tersedia untuk para pelanggan. ISP seringkali mempunyai jumlah pelanggan yang lebih banyak dari hubungan yang dapat ditangani dengan anggapan jika semua pelanggan tidak memakai internet dengan kapasitas penuh pada waktu yang sama. Strategi tersebut bisa diterima, akan tetapi dengan semakin berkembangnya sistem peer to peer file sharing, maka sering menimbulkan masalah untuk ISP yang punya pelanggan lebih dari kapasitas peralatan yang mereka miliki.

1. Macam Jenis Teknologi Broadband

Teknologi broadband di berbagai tempat yang biasa dipakai adalah DSL dan diikuti dengan modem kabel. Teknologi yang lebih baru untuk jalur telepon twisted pair seperti VDSL dan juga hubungan optik fiber. Sedangkan untuk wilayah yang tidak dicakup layanan kabel, maka akan dipasangkan jaringan Wi-Fi.

2. Internet Satelit

Hubungan ini memakai satelit pada orbit geostationary yang berguna untuk meneruskan data dari sebuah perusahaan satelit menuju pelanggan. Internet satelit adalah salah satu cara termahal untuk memperoleh akses internet broadband, namun untuk area desa, cara ini memang menjadi satu satunya cara yang bisa digunakan. Akan tetapi, biaya juga terus mengalami penurunan belakangan ini dan bisa bersaing dengan pilihan kecepatan tinggi yang lain.

3. ISP Tanpa Kabel

Koneksi ini umumnya memakai sistem radio Wi-Fi 802.11 untuk menghubungkan antara titik yang berjauhan dan juga bisa memakai sistem komunikasi radio tenaga tinggi lain.

4. T-1/DS-1

T-1/DS-1 merupakan salah satu jenis hubungan yang memungkinkan para pelanggan di area pedesaan yang menginginkan kecepatan broadband namun dengan biaya yang sangat tinggi bergantung dari jarak ke penyedia.

Masih banyak lagi jenis lainnya mengenai internet broadband diantara layanan internet broadband di Indonesia, yang sudah terbukti kualitas pelayanan terbaik yaitu indihome.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *