Pengganti Obat, Tips Menanam Tanaman Toga Di Rumah

  • Whatsapp
Pengganti-Obat-Tips-Menanam-Tanaman-Toga-Di-Rumah
Foto dari Canva Pro

Tanaman Obat Keluarga juga sering disebut sebagai apotek hidup merupakan beberapa jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat alami. Biasanya, tanaman ini banyak ditanam di pekarangan atau kebun rumah. Selain dapat digunakan sebagai bahan masakan, tanaman ini juga dapat mengobati beberapa jenis penyakit ringan. Berikut beberapa jenis tanaman toga beserta tips menanam yang bisa dicoba dirumah.

Berbagai Cara Menanam Tanaman Apotek Hidup

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu tumbuhan yang sering digunakan untuk menambah cita rasa dalam memasak. Manfaat jahe lainnya adalah untuk mengobati masuk angin, gejala batuk dan sakit tenggorakan, hingga mengatasi aroma tubuh yang tidak sedap. Biasanya jahe juga dijadikan minuman untuk menghangatkan tubuh di musim hujan. Jahe dapat ditanam di media tanah dengan campuran pupuk humus dan kandang dengan perbandingan 1:1.

2. Lidah Buaya

Tanaman berlendir ini, lebih banyak digunakan untuk kecantikan. Lendirnya dapat dimanfaatkan sebagai obat jerawat, dijadikan shampoo, dan juga mempercepat proses penyembuhan luka. Sedangkan dagingnya jika dikonsumsi dapat menjaga kadar asam tubuh, mengurangi berat badan dan menjaga kesehatan tubuh. Lidah buaya dapat ditanam di dalam polybag dengan media tanah. Tanaman toga ini tidak membutuhkan perawatan ekstra untuk menanamnya.

3. Pare

Jenis tanaman apotek hidup ini sering dijadikan sayuran sebagai pendamping makan nasi. Rasa pahit dari pare, membuat sayur ini tidak banyak disukai orang. Dibalik rasa pahitnya, pare menyimpan berjuta manfaat salah satunya untuk mengatasi gangguan pernafasan, mengurangi sembelit dan melindungi kehamilan. Biji pare dapat ditanam pada media tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang. Tanaman ini tidak membutuhkan penyiraman yang sering.

4. Seledri

Daun seledri seringkali digunakan untuk menambah rasa pada masakan. Namun, daun ini sering dipinggirkan dan tidak dimakan. Padahal, mengkonsumsi seledri dapat mencegah penyakit seperti asam urat dan obat cuci ginjal. Sebelum ditanam, biji seledri harus direndam air hangat selama satu jam, dan dapat disemai pada campuran tanah dan pupuk kompos yang lebih banyak.

Menanam tanaman apotek hidup, memang tidak memerlukan cara perawatan yang sulit. Namun manfaat yang dihasilkan sangat banyak. Selain dapat melengkapi kebutuhan bahan untuk memasak, tanaman ini menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan. Tanaman obat keluarga juga tidak membutuhkan lahan yang luas, karena bisa ditanam di dalam polybag.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *