Tips Jitu Merawat Peralatan Dapur Agar Tahan Lama

  • Whatsapp
Tips-Jitu-Merawat-Peralatan-Dapur-Agar-Tahan-Lama
Foto dari Canva Pro

Peralatan dapur merupakan bagian dari properti rumah tangga yang sangat dibutuhkan. Bahkan, alat ini juga harus dijaga agar tetap bersih karena sangat berkaitan dengan bahan makanan yang dapat menjadi sumber nutrisi bagi tubuh. Oleh karena itu, yuk simak cara merawat beberapa peralatan tersebut disini.

3 Rekomendasi Bahan Pembersih Untuk Merawat Alat Dapur Anda

1. Garam

Garam adalah salah satu bahan pembersih yang dapat digunakan untuk merawat berbagai peralatan menggunakan air rebusan. Bahan yang satu ini bahkan bisa dengan mudah menghilangkan bau amis setelah digunakan untuk memasak beraneka bahan makanan seperti seafood maupun makanan yang lainnya.

Cara yang dapat digunakan untuk membersihkan peralatan anda menggunakan garam adalah dengan mencampur air yang sudah mendidih dan masukkan garam. Kemudian, anda bisa memasukkan berbagai peralatan yang terbuat dari logam maupun kayu di dalamnya. Setelah itu, anda bisa mencucinya kembali dengan sabun maupun hanya mengelap dan dijemur.

2. Cuka

Selain itu, anda juga bisa menggunakan air cuka untuk membersihkan peralatan dapur yang anda miliki. Kemudian, anda bisa menyiap mangkuk yang akan dituangkan satu gelas cuka dan dicampur dengan satu sendok makan madu. Lalu, anda bisa mencelupkan berbagai bahan seperti lap, tisu dan kapas untuk membersihkan noda dan bau makanan pada alat yang anda miliki.

3. Lemon

Selain garam dan cuka, lemon juga sangat dipercaya dapat membersihkan noda yang membandel dan menghilangkan bau amis pada alat yang sudah digunakan untuk memasak. Dalam hal ini, anda bisa mencampurkan air panas dengan memasak air hingga mendidih kemudian mencampurkan perasan lemon di dalamnya.

Kemudian, anda bisa memasukkan peralatan yang ingin dibersihkan ke dalam air yang sudah dicampur dengan perasan lemon. Dalam hal ini, anda bisa merendam peralatan tersebut selama kurang lebih 15 menit. Tentunya, kegiatan ini sudah terbukti efektif untuk menghilangkan noda dan bau. Bahkan, anda hanya perlu menjemur semua alat setelah direndam ini.

Melakukan perawatan terhadap alat memasak memang sangat perlu untuk dilakukan. Selain menjaga agar peralatan tersebut tetap awet, perawatan ini juga dapat berfungsi untuk membuat peralatan anda tetap bersih dan terhindar dari bakteri. Dengan demikian, anda dapat memasak berbagai makanan dengan aman dan sehat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *