Yuk Cari Tahu 4 Ciri-Ciri Kadar Gula Darah Tinggi

  • Whatsapp
Yuk-Cari-Tahu-4-Ciri-Ciri-Kadar-Gula-Darah-Tinggi
Foto dari Canva Pro

Salah satu penyebab utama penyakit diabetes adalah tingginya kadar gula darah manusia. Jika hal ini dibiarkan maka dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, saraf dan yang paling parah dapat merenggut nyawa seseorang.

Umumnya kadar gula orang dewasa adalah 70/100 mg/dL. Namun jika kadar glukosa melebihi angka tersebut berarti anda mengalami kadar gula darah yang tinggi. Untuk mengetahui apa saja ciri-ciri atau gejala gula darah tinggi, yuk simak ulasan berikut.

Tanda-Tanda Yang Dialami Saat Kadar Gula Darah Berlebih

1. Kulit Bermasalah

Memiliki kadar gula darah berlebih dapat menyebabkan beberapa penyakit kulit. Penelitian menyebutkan bahwa sebagian orang memiliki tingkat sensitivitas kulit yang berbeda.

Pada beberapa orang yang memiliki sensitivitas kulit cukup tinggi akan mengalami peradangan atau kulit bermasalah saat mendapati insulin mereka meningkat drastis. Meningkatnya insulin berlebih akan memicu hormon yang menyebabkan peradangan kulit seperti tumbuhnya jerawat.

2. Sering Merasa Lapar

Seseorang yang mengidap penyakit diabetes baik tipe 1 ataupun tipe 2 dapat mengacaukan kadar glukosa dalam tubuh. Beberapa ahli medis mengatakan, hal ini merupakan pemicu siklus kelaparan saat tubuh mulai mengembalikan kadar gula menjadi normal. Sehingga memberikan dorongan kepada anda untuk mengkonsumsi makanan yang sebenarnya tidak menjadi kebutuhan tubuh. Hal ini merupakan salah satu ciri-ciri kadar gula darah tinggi.

Namun  saat kadar gula  terlalu rendah, anda juga akan merasakan rasa lapar yang terjadi secara terus menerus. Sehingga nafsu makan anda akan meningkat secara drastis seolah susah memiliki rasa kenyang. Hal ini merupakan gejala kadar gula yang tinggi tetapi jarang anda ketahui. Pasalnya sebagian orang menyimpulkan saat nafsu makan meningkat hal tersebut merupakan hal yang sangat wajar dialami setiap orang.

3. Lamban Beraktivitas

Jika anda merasakan badan lemas dan lamban saat bergerak mungkin anda memiliki kadar gula darah berlebih. Terlebih saat kondisi ini telah anda alami dalam jangka waktu yang cukup panjang. Lonjakan insulin yang cukup drastis akan menimbulkan beberapa masalah pada tubuh anda. Salah satu masalahnya adalah energi atau stamina tubuh anda akan menurun dan cenderung tidak stabil yang menjadi ciri-ciri kadar gula darah tinggi.

Meski anda telah mengkonsumsi asupan nutrisi dalam jumlah yang cukup banyak, nutrisi tersebut tidak akan menjadi energi pada tubuh anda. Terlebih saat anda mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung gula, level kadar gula darah pada tubuh anda akan semakin tinggi sehingga menyebabkan pasang surut energi pada tubuh anda. Dengan stamina yang tidak stabil tentunya anda akan merasakan lamban dalam melakukan berbagai aktivitas harian.

4. Salalu Ingin Makanan Manis

Hal ini dapat anda rasakan apabila anda susah berhenti atau ingin terus mengkonsumsi makanan atau minuman manis. Para peneliti menyimpulkan hal ini terjadi dikarenakan semakin banyak kandungan gula yang dikonsumsi oleh tubuh seseorang, maka akan semakin bertambah pula keinginan anda untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis. Bukan berarti seseorang memiliki selera makanan manis, melainkan termasuk ciri-ciri kadar gula darah tinggi.

Karena makanan dan minuman manis menjadi penyebab atau naiknya gula darah. Hal ini disebabkan kandungan yang terdapat pada gula beresiko menimbulkan kecanduan pada tubuh anda. Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan dan minuman manis dengan menyesuaikan kebutuhan tubuh anda. Ketika terlalu banyak mengkonsumsi gula maka tubuh anda akan mengalami ketidakseimbangan nutrisi.

Selain gejala tersebut masih banyak lagi gejala yang ditimbulkan saat anda memiliki kadar glukosa berlebih. Seperti mudah mengantuk, berat badan turun ataupun naik secara pesat dan terkadang dapat membuat penglihatan anda terganggu. Untuk itu anda harus waspada saat mengalami gejala-gejala tersebut dan usahakan untuk mengontrol asupan makanan yang anda konsumsi demi menjaga kesehatan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *